expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 27 Oktober 2015

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA KOPLING

         Unit kopling tersusun dari beberapa komponen, yang termasuk komponen utamanya yaitu: Pelat Kopling (Clutch Disc), Pelat Penekan (Pressure Plate), Bantalan Pembebas (Release Bearing), dan Garpu Pembebas (Release Fork).

1. Pelat Kopling (Clutch Disc)
sparepartmobil.co.id
Pelat kopling (Clutch disc/Friction disc) sering disebut juga kanvas kopling yang berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi. Bagian tengah pelat kopling (Clutch hub) dapat berkaitan dan dapat lepas dengan poros input transmisi (Input shaft transmission), sedangkan kedua bagian sisinya dilapisi Facing (Kanvas) yang pemasangannya dikeling. Facing terbuat dari bahan paduan asbes dan serbuk logam.

2. Pelat Penekan (Pressure Plate)
m.motorplus-online.com
Pelat penekan dan rumahnya berfungsi untuk menekan atau menjepit pelat kopling, sehingga berhimpitan dengan Fly Wheel. Dengan terjepitnya pelat kopling diantara pelat penekan dan Fly Wheel, terjadilah perpindahan putaran/tenaga dari mesin ke poros transmisi.

3. Bantalan Pembebas (Release Bearing)
www.diytrade.com
Bantalan pembebas atau release bearing berfungsi untuk memberiikan tekanan yang bersamaan pada garpu pembebas (Release Fork) dan menghindari terjadinya gesekan antara pengungkit dengan garpu pembebas (Untuk pegas kiol) atau gesekan pengungkit dengan ujung pegas diafragma (Untuk pegas diafragma).

4. Garpu Pembebas (Release Fork)
www.lrseries.com
Garpu pembebas atau release fork atau plate lever berfungsi untuk menyalurkan tenaga pembebas kopling yang berasal dari injakan pedal kopling.